Download Joomla Templates by NewJackets

Workshop Animasi dan Launching Film Garuda

Published: Friday, 14 January 2011

STMIK A. Yani, Yogyakarta, perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi ini selalu mengedepankan inovasi-inovasi guna pengembangan pengetahuan para peserta didiknya. Ini terlihat jelas melalui penyelenggaraan kegiatan-kegiantan kampus yang hi-tech. Salah satu kegiatan kampus yang luar biasa itu adalah penyelenggaraan "Workshop Animasi dan Launching Film Garuda". Workshop animasi ini ditujukan untuk peningkatan pengetahuan para mahasiswa tentang animasi yang sekarang sedang booming. "Bukan orang IT kalau belum bisa bikin animasi", begitulah kata para pakar. Maka, dengan terselenggaranya acara worshop ini jelas bahwa STMIK A. Yani memiliki konsistensi dan komitmen tinggi untuk memajukan dunia teknologi informasi, baik di lingkungan kampus secara khususnya dan di Indonesia secara umum.

 

Film "Garuda" adalah film yang diproduksi STMIK A. Yani, Yogyakarta. Mulai dari proses pra produksi, produksi, post poduksi, crew-crew, hingga pemeran film itu sendiri adalah melibatkan unsur-unsur STMIK Jed. A. Yani baik itu mahasiswa maupun staff karyawan kampus. Film ini dikategorikan sebagai film animasi karena full-effect dari detik pertama hingga detik akhir. Efek-efek itu dikerjakan menggunakan teknologi komputer. Dan sekali lagi, inilah bukti konsistensi dan komitmen tinggi dari STMIK Jend. A. Yani terhadap dunia teknologi informasi.

"Luar biasa!" Adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kemeriahan acara "Workshop Animasi dan Launching Film Garuda". Di sepanjang acara dipenuhi semarak keramaian para mahasiswa. Decak kagum tak henti-hentinya terdengar berkali-kali selama pemutaran trailer film.

Acara ini dimulai tepat pukul 08.30 WIB. Tetapi sejak sebelum pukul 08.00 WIB, sudah banyak mahasiswa yang antre menunggu masuk ruangan. Animo mahasiswa memang besar, ratusan mahasiswa berbondong-bondong ingin melihat film "Garuda" yang diproduksi dan dibintangi oleh warga STMIK A. Yani sendiri. Ternyata jumlah mahasiswa yang hadir di luar dugaan panitia penyelenggara. Dari 155 tempat duduk yang disediakan, masih banyak mahasiswa yang harus rela berdiri dan berjubel di pintu masuk ruangan.

Pembicara di acara ini adalah Karnanto, S.Kom. (Praktisi Animasi) dan Mas Beni (Produser Film Garuda). Mas Beni tampil setelah pemutaran trailer film "Garuda" dan beliau membeberkan all about "Garuda". Lalu dilanjutkan oleh Karnanto, S.Kom. yang membedah salah satu scene dalam film "Garuda". Tidak hanya itu, para mahasiswa juga disuguhi kebolehan tool-tool pembuat animasi mulai dari Macromedia Flash hingga Adobe After Effect. Masih belum selesai berdecak kagum, para mahasiswa juga diajari membuat game interaktif dengan Macromedia Flash 8. Di akhir acara, mahasiswa juga diberi merchandise dari panitia penyelenggara.

"Wah ternyata membuat animasi itu asyik, saya pengen jadi animator profesional", Ujar Okta, mahasiswi semester 3 jurusan Manajemen Informatika. Para mahasiswa juga berharap agar film "Garuda" segera dirilis sehingga mereka bisa melihat mahakarya STMIK A. Yani. Mas Beni, sang produser, juga menginginkan munculnya animator-animator baru dari STMIK Jend. A. Yani setelah film "Garuda" dirilis.

STMIK Jenderal Achmad Yani

  • Alamat :
    Ring Road Barat, Banyuraden, Gamping,
    Yogyakarta 55293
  • Telepon :
    (0274) 522.489 - Fax (0274) 552.851
  • Contact Person :
    0851.0186.1996