Download Joomla Templates by NewJackets

Gambaran Umum, Struktur, Syarat Kelulusan, dan Peta Kurikulum

Published: Sunday, 29 January 2012

Gambaran Umum Kurikulum

Informatika bisnis adalah sebuah cabang ilmu berkenaan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam situasi sosial dan ekonomi yang nyata. Fokus cabang ilmu ini terletak pada perencanaan, pengembangan, implementasi, operasi, optimasi, dan penggunaan secara ekonomis sistem informasi dan teknologi informasi. Spesialis informatika bisnis dapat bertindak sebagai penterjemah antara staf administrasi dan staf TI yang seringkali memiliki sudut pandang yang berbeda pada tujuan-tujuan sama.

Prodi S1 Teknik Informatika mempersiapkan lulusannya agar mampu  memodelkan, merancang, dan mengembangkan SI, atau mengimplementasian dan memelihara SI/TI khususnya yang dapat memberikan dukungan terhadap pengambilan keputusan dalam suatu masalah bisnis tertentu.

Struktur Kurikulum

Beban kuliah prodi TI adalah 148 sks, dibagi dalam 8 semester, dengan pola pendidikan berbasis kompetensi dan sertifikasi keahlian bidang TI.Ciri khas utama pola pendidikan ini adalah muatan praktis tinggi. Muatan praktis diwujudkan melalui praktikum dan 3 proyek pengembangan sistem yang terintegrasi dalam kurikulum.Diakhir masa pendidikan, mahasiswa diwajibkan pula menyusun Tugas Akhir.

Tugas akhir adalah karya mandiri yang dilaksanakan dibawah bimbingan dosen pembimbing di akhir masa perkuliahan guna mewujudkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa memberikan solusi bisnis hipotetik maupun empirik melalui pengembangan aplikasi sistem informasi. Sebelum melaksanakan tugas akhir, mahasiswa dipersiapkan melalui 3 proyek pengembangan sistem yang dilakukan dalam kelompok kecil terbimbing. Proyek tersebut disebar dalam 3 semester sebagai sebuah mata kuliah khusus, yaitu ‘Pengembangan Aplikasi Basis Data’ (semester 4), ‘Pengembangan Aplikasi e-Commerce’ (semester 6), dan ‘Proyek Inovasi TI’ (semester 7).

Prosentase SKS pada kelompok Mata Kuliah

Kriteria Kelulusan

  1. Menyelesaikan beban studi minimum 148 SKS
  2. Indek Prestasi Komulatif ≥ 2,25
  3. Tidak ada nilai E
  4. Jumlah nilai D tidak lebih dari 10 SKS dari jumlah total SKS, dengan ketentuan nilai MK pada Sub-Kompetensi Utama 5 (Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) serta Magang Kerja dan Tugas Akhir minimal C.
  5. Tidak melampaui batas waktu studi yaitu selama 14 semester (7 tahun) terhitung tanggal 31 Agustus tahun ke 7.

 

 Peta Kurikulum

STMIK Jenderal Achmad Yani

  • Alamat :
    Ring Road Barat, Banyuraden, Gamping,
    Yogyakarta 55293
  • Telepon :
    (0274) 522.489 - Fax (0274) 552.851
  • Contact Person :
    0851.0186.1996