Download Joomla Templates by NewJackets

Kemahasiswaan Dan Alumni

Published: Sunday, 12 December 2010
  1. Tata Tertib Mahasiswa

    Tata tertib mahasiswa STMIK A Yani Yogyakarta diadakan dengan maksud untuk menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dan tata susila dalam peri kehidupan di lingkungan kampus STMIK A Yani Yogyakarta, serta menanamkan sikap dan akhlak yang mulia sebagai landasan bagi mahasiswa dalam bersikap, berkata dan bertindak baik selama studi ataupun dalam lingkungan sehari-hari. Adapun tata tertib mahasiswa STMIK A Yani Yogyakarta terdiri:

    1. Dalam Mengikuti Proses Belajar Mengajar

      1. Mahasiswa wajib hadir diruang kuliah sebelum kuliah dimulai, jika mahasiswa terlambat lebih dari 15 menit harus melapor terlebih dahulu dan meminta ijin kepada dosen yang bersangkutan.
      2. Dalam mengikuti kegiatan akademik (misalnya kuliah, praktikum, bimbingan dan konsultasi) mahasiswa dilarang menggunakan/mengaktifkan piranti komunikasi seperti misalnya hand phone, pager, walkman, dan lain sebagainya.
      3. Mahasiswa diwajibkan mengikuti kuliah dengan baik selama satu semester, sesuai mata kuliah yang diambil dan jadwal yang telah ditetapkan, dan harus menghindari pengambilan mata kuliah yang jadwalnya bentrokan/tabrakan. (Penghindaran dapat dilakukan pada saat pengisian/bimbingan KRS).
      4. Mahasiswa selama mengikuti kuliah harus menjaga dan mentaati semua etika, tata tertib dan kesopanan yang berlaku.
      5. Wajib menjaga nama baik almamater dan ikut mengembangkannya sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki dengan sungguh-sungguh baik secara moril maupun materiil.
      6. Harus selalu bersikap hormat, sopan dan menghargai baik kepada dosen dan karyawan maupun sesama mahasiswa STMIK A Yani.
      7. Menjunjung tinggi kejujuran intelektual, terbuka terhadap perbedaan pendapat baik dengan dosen maupun terhadap sesama mahasiswa dan tidak akan berbuat curang baik dalam ujian, penyusunan tugas akhir maupun tugas-tugas lain yang diberikan dosen.
      8. Senantiasa menggunakan waktunya secara efektif, sehingga selama mengikuti proses belajar mengajar dapat tumbuh dan berkembang menjadi seorang yang terampil, cerdas dan profesional.
      9. Bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan kerapihan kampus serta lingkungannya dan senantiasa menjaga dari pengrusakan, pencurian ataupun tindakan-tindakan anarkhis/-destruktif lainnya.
      10. Senantiasa menyalurkan saran serta pendapat melalui lembaga kemahasiswaan yang legal dan resmi secara baik dan bijaksana.

    2. Dalam Berpakaian

      1. Pakaian mahasiswa pada saat berada di lingkungan kampus STMIK A Yani Yogyakarta (kuliah, praktikum, ke perpustakaan, ujian, konsultasi dengan dosen ataupun kegiatan kemahasiswaan, kecuali olah raga) haruslah mencerminkan sikap profesionalisme, sopan dan rapi.
      2. Pakaian bagi mahasiswa adalah hem atau t-shirt  berkrah, celana panjang, bersepatu, rambut terpangkas rapi di atas krah baju dengan telinga kelihatan.
      3. Pakaian bagi mahasiswi adalah rok yang sopan, celana panjang, blouse dan bersepatu. Bagi mahasiswi muslim diperkenankan berjilbab.
      4. Pakaian mahasiswa sebagai calon wisudawan adalah hem putih lengan panjang, celana panjang hitan, bersepatu hitam atau gelap, berdasi kupu-kupu dan memakai toga.
      5. Pakaian mahasiswi sebagai calon wisudawati adalah busana nasional dan memakai toga.
      6. Pakaian untuk kegiatan di luar kampus dalam kapasitasnya sebagai utusan resmi STMIK A Yani Yogyakarta wajib memakai jas almamater.

    3. Larangan

      1. Mengganggu dan menghambat dosen atau mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
      2. Menghambat pejabat, karyawan, atau petugas STMIK A Yani dalam melaksanakan kewajibannya.
      3. Merokok di ruang kelas, ruang sidang, perpustakaan, perkantoran dan ruangan yang memiliki pengatur udara (AC) atau di ruang yang memiliki tanda di larang merokok.
      4. Berbuat curang baik dalam ujian, penyusunan tugas akhir atau tugas-tugas lain yang diberikan oleh dosen.
      5. Mengganti nilai atau memalsu KHS, baik dilakukan sendiri maupun dengan orang lain.
      6. Mengubah daftar mata kuliah tanpa persetujuan Dosen Pembimbing, dan atau memalsukan KRS.
      7. Menyalahgunakan surat, memalsukan atau menbocorkan kerahasiaan dokumen serta tanda tangan pengurus, anggota sivitas akademika, dan karyawan atau orang lain pada dokumen yang berkaitan dengan STMIK A Yani untuk kepentingan pribadi dan atau golongan tertentu.
      8. Dengan sengaja atau karena kecerobohannya mengotori atau merusak dokumen, barang-barang, ruangan, bangunan dan sarana/fasilitas lain milik STMIK A Yani.
      9. Mencuri dokumen, barang-barang, dan atau fasilitas proses pembelajaran di STMIK A Yani.
      10. Dengan sengaja mengucapkan kata-kata dan atau tindakan yang bersifat aau mengandung ancaman kepada pengurus, anggota sivitas akademika, dan karyawan STMIK A Yani.
      11. Dengan sengaja mengucapkan atau tindakan yang bersifat merendahkan martabat, atau menghina, mendiskreditkan dan atau merugikan nama baik STMIK A Yani.
      12. Dengan sengaja mengeluarkan isu-isu yang menimbulkan keresahan dan atau sentimen kesukuan, agama, ras dan golongan (SARA).
      13. Melakukan kekerasan fisik dalam penyelesaian suatu masalah, menimbulkan keonaran, keributan atau huru hara dan sejenisnya di lingkungan kampus STMIK A Yani.
      14. Membawa senjata/senjata tajam di lingkungan kampus STMIK A Yani yang dapat membahayakan pihak lain.
      15. Menggunakan, mengedarkan dan memperdagangkan narkotik/obat-obatan terlarang, mabuk/minum-minuman keras, bertindak/berbuat asusila, melakukan atau mencoba melakukan semua jenis permainan yang mengarah ke bentuk perjudian di lingkungan kampus STMIK A Yani.
      16. Setiap kegiatan mahasiswa di luar lembaga kemahasiswaan yang legal dan resmi baik person maupun kelompok dilarang mempergunakan dan membawa nama/atribut STMIK A Yani.
      17. Di lingkungan kampus antara jam 22.00 – 06.00 WIB atau hari libur tanpa sepengetahuan dan seijin Ketua STMIK A Yani.
      18. Membawa suatu organisasi/partai politik di lingkungan kampus STMIK A Yani.
      19. Menggunakan sarana dan prasarana miliki STMIK A Yani untuk keperluan pribadi/kelompok tertentu tanpa sepengetahuan dan seijin Ketua STMIK A Yani.

    4. Sanksi

      1. Sanksi bagi pelanggaran tata tertib ini adalah:
        • tidak berhak memperoleh pelayanan akademik;
        • teguran dan peringatan baik secara lisan maupun tertulis;
        • larangan mengikuti akademik dan kegiatan lainnya maksimum 12 bulan (dua semester);
        • dicabut kedudukannya sebagai mahasiswa STMIK A Yani.
      2. Sanksi diterapkan berdasarkan laporan dari dosen/karyawan ataupun mahasiswa kepada Ketua STMIK A Yani dan dapat dilaksanakan secara adil, arif dan bijaksana.
      3. Bagi mahasiswa yang terkena sanksi dapat mengajukan keberatan secara tertulis dengan alasan-alasan dan saksi yang meringankan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sejak diterimanya Surat Keputusan.
      4. Dalam waktu 14 (empat belas) hari sejak menerima keberatan, Ketua STMIK A Yani memberikan jawaban tertulis kepada mahasiswa yang bersangkutan.
      5. Jika dalam batas waktu sebagaimana ditentukan, tidak memperoleh jawaban dari Ketua STMIK A Yani maka pengajuan keberatan dianggap dikabulkan dan mahasiswa yang bersangkutan direhabilitasi atau dipulihkan hak-haknya.
      6. Setelah menjalani saksi sesuai dengan ketentuan, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat direhabilitasi atau dipulihkan kembali hak-haknya.

  2. Hak dan Kewajiban Mahasiswa

    1. Hak Mahasiswa

      1. Mendapatkan bimbingan dosen yang bertanggung jawab atas program studi yang diikutinya dalam menyelesaikan studi.
      2. Memperoleh pengajaran sebaik-baiknya dan layanan bidang akademik sesuai dengan minat, bakat, kegemaran dan kemampuan.
      3. Menggunakan kebebasan akademik secara bertanggung jawab untuk menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan norma dan susila yang berlaku di lingkungan akademik.
      4. Memanfaatkan fasilitas Akademi dalam rangka kelancaran proses belajar mengajar.
      5. Memperoleh layanan informasi yang berkaitan dengan program studi yang diikutinya serta hasil belajarnya.
      6. Memperoleh layanan kesejahteraan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
      7. Memperoleh pelayanan khusus bilamana penyandang cacat.
      8. Menyelesaikan studi lebih awal dari jadwal yang ditetapkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
      9. Ikut serta dalam kegiatan organisasi mahasiswa STMIK A Yani.
      10. Memanfaatkan sumber daya Akademi melalui perwakilan organisasi kemahasiswaan untuk mengurus dan mengatur kesejahteraan minat tata kehidupan bermasyarakat.
      11. Pindah ke perguruan tinggi lain atau program studi lain bilamana memenuhi persyaratan penerimaan mahasiswa pada perguruan tinggi atau program studi yang hendak dimasuki dan bilamana daya tampung perguruan tinggi atau program studi yang bersangkutan memungkinkan.

    2. Kewajiban Mahasiswa

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta taat kepada negara dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
      2. Menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan seperti yang telah diatur oleh STMIK A Yani.
      3. Ikut memelihara sarana dan prasarana serta kebersihan, ketertiban, dan keamanan STMIK A Yani.
      4. Menghargai ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian.
      5. Menjaga nama baik dan kewibawaan STMIK A Yani sebagai almamater.
      6. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional, nilai moral dan kebenaran ilmiah.
      7. Menjaga integritas pribadi dan kejujuran intelektual.
      8. Membantu dan tidak menghalang-halangi terselenggaranya kegiatan STMIK A Yani baik akademik maupun non akademik.
      9. Berdisiplin, bersikap jujur, bersemangat, bertanggung jawab dan menghindari perbuatan tercela antara lain plagiat.
      10. Berbudi luhur, berperilaku dan berpakaian sopan.
      11. Menghormati semua fihak demi terbinanya suasana hidup kekeluargaan.
      12. Memelihara dan meningkatkan mutu lingkungan hidup dikampus STMIK A Yani.
      13. Senantiasa belajar dengan tekun dan berusaha meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan sesuai dengan bidangnya.
      14. Mematuhi semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di STMIK A Yani.

  3. Program Bea Siswa

    1. Tujuan Program Bea Siswa

    2. Program bea siswa STMIK A Yani Yogyakarta dimaksudkan untuk memberikan penghargaan dan stimulasi kepada para mahasiswa yang berprestasi tinggi, baik di bidang akademik maupun non akademik serta membantu mahasiswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah agar mereka dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapai dan bahkan berusaha untuk meningkatkannya.

    3. Waktu dan Bentuk Program Bea Siswa

      Bea siswa diberikan secara periodik kepada mahasiswa baik semesteran, bulanan ataupun tahunan. Jenis bea siswa yang diberikan kepada mahasiswa adalah sebagai berikut:

      1. Bea siswa Yayasan Kartika Eka Paksi;
      2. Bea siswa STMIK A Yani;
      3. Bea siswa Supersemar;
      4. Bea siswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA);
      5. Bea siswa Kerja Mahasiswa (BKM);
      6. Bea siswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM);
      7. Bea siswa Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM);
      8. Bea siswa Korban Gempa.

    4. Ketentuan Umum

      1. Mahasiswa yang berhak menerima bea siswa adalah:
        • mahasiswa yang berprestasi akademik dengan IPK ? 3.50 dan menurut pertimbangan Ketua STMIK A Yani memang memerlukannya;
        • mahasiswa yang lemah keadaan ekonominya dengan IPK ? 2.75 dan memenuhi persyaratan yang ditentukan;
        • mahasiswa karena pengabdian dan aktivitasnya dalam kegiatan kampus dan layak diberi penghargaan, dengan IPK ? 2.50 kecuali Ketua STMIK A Yani menentukan lain;
        • mahasiswa yang juga olahragawan dan atau seniman yang mempunyai prestasi tinggi di tingkat daerah, nasional maupun internasional dengan kriteria IPK ? 2.50 kecuali Ketua STMIK A Yani menentukan lain;
        • mahasiswa yang dengan pertimbangan tertentu dari Ketua STMIK A Yani layak mendapatkan bea siswa.
      2. Pengusulan calon penerima bea siswa diwajibkan memenuhi persyaratan akademik dan administrasi yang telah ditetapkan (untuk keterangan lebih lanjut bisa didapatkan di Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan).
      3. Permohonan bea siswa diusulkan dan disetujui oleh dosen pembimbing akademik, diperiksa oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaa, Alumni dan Kerjasama dan diputuskan/-disahkan oleh Ketua STMIK A Yani Yogyakarta.
      4. Bea siswa diberikan untuk satu semester dan dapat diperpanjang satu semester lagi jika perlu, bagi mahasiswa sekurang-kurangnya duduk di semester III. Pengajuan bea siswa dilakukan pada awal semester.
      5. Penerima bea siswa diwajibkan untuk meningkatkan prestasi yang telah dicapainya dan selalu menjaga tata tertib maupun peraturan yang berlaku di STMIK A Yani Yogyakarta.

  4. Organisasi Mahasiswa

    Organisasi kemahasiswaan adalah kegiatan kemahasiswaan yang bersifat non akademik dan merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat, penalaran dan keilmuan, dan bidang kewirausahaan, serta sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa.

    Organisasi kemahasiswaan STMIK A Yani Yogyakarta, mengacu pada SK Mendikbud Nomor: 0457/O/1990 tanggal 26 Juli 1989 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi, dan SK Mendikbud Nomor: 155/U/1990 tanggal 30 Juni 1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

    STMIK A Yani bertanggung jawab untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, yang meliputi pengembangan daya pikir, pembangunan kekuatan penalaran yang lebih luas, dan kemampuan serta karya (ketrampilan) untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

    Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama mengkoordinir kegiatan di bidang pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan, baik sebagai pribadi maupun organisasi, yaitu:

    1. Pengembangan pribadi mahasiswa;
    2. Pengembangan penalaran mahasiswa (student ideas & reasoning);
    3. Pengembangan minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa (student welfare);
    4. Pengembangan perencanaan program, pembimbingan dan penilaian terhadap pelaksanaannya;
    5. Penyediaan forum komunikasi dan informasi.

        Organisasi kemahasiswaan di STMIK A Yani Yogyakarta terdiri dari:

      • Senat Mahasiswa (SEMA)
      • Unit Kegiatan Mahasiswaan (UKM):
        1. UKM English Studi Club;
        2. UKM FORKIT (Forum Anak Information Technology);
        3. UKM Kerohanian Islam Lembaga Dakwah Kampus Ar-Royyah;
        4. UKM Kerohanian Kristen Yohanes de Prado;
        5. UKM Pecinta Alam WAKANIPA;
        6. UKM Karate Inkai;
        7. UKM Tae Kwon Do;
        8. UKM Perguruan Silat Walet Putih;
        9. UKM Paduan Suara.
      • Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ):
        1. Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika;
        2. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika.

  5. Ikatan Alumni Mahasiswa

  6. Melihat pertumbuhan jumlah lulusan STMIK A Yani Yogyakarta pada saat ini, serta keinginan untuk mengembangkan jaringan/menjalin hubungan dengan para alumni, maka perlu upaya untuk membentuk wadah alumi yang diketuai oleh Sdr. Tri Purnomo, A.Md. yang merupakan embrio pembentukan Ikatan Alumni Kartika Yani atau IKAKARYA.

    Saat ini alumni STMIK A Yani diwadahi dalam Jaringan Alumni STMIK Jenderal Achmad Yani atau disingkat JALAMAYA. JALAMAYA merupakan perubahan nama dari IKAKARYA. Perubahan nama ini merupakan konsekuensi dari perubahan AMIK Kartika Yani menjadi STMIK A Yani. Dengan perubahan ini, maka anggota-anggota IKAKARYA secara langsung menjadi anggota JALAMAYA.

STMIK Jenderal Achmad Yani

  • Alamat :
    Ring Road Barat, Banyuraden, Gamping,
    Yogyakarta 55293
  • Telepon :
    (0274) 522.489 - Fax (0274) 552.851
  • Contact Person :
    0851.0186.1996