Download Joomla Templates by NewJackets

Lomba Cerdas Cermat Teknologi Informasi 2011

Published: Tuesday, 11 January 2011

Masih dalam rangka Dies Natalis Ke-15 STMIK A. Yani, Yogyakarta. Sebenarnya lomba ini sudah sempat dilaksanakan juga pada setiap Dies Natalis selama beberapa tahun lalu tetapi untuk tahun ini format lomba sudah berbeda dari tahun-tahun yang lalu yang terkesan konvensional dan monoton. Lomba untuk tahun ini sedikit dimodifikasi hampir menyerupai acara game di salah satu televisi swasta Indonesia. Tahun ini melibatkan banyak peserta (lebih dari 40 mahasiswa) yang mewakili tiap-tiap jurusan per angkatan. Lomba kali ini lebih sportif karena format lomba yang matang dan jika ada peserta yang berbuat curang maka akan ketahuan baik oleh juri maupun oleh penonton.

Para peserta adalah para mahasiswa yang ditunjuk oleh ketua kelas masing-masing jurusan per angkatan. Setiap Jurusan per angkatan mengirim 8 mahasiswa wakilnya. Para mahasiswa tersebut tentu bukan mahasiswa biasa saja, perlu kualifikasi tinggi untuk mengikuti lomba ini, mengingat ketatnya persaingan para mahasiswa. Kedalaman pengetahuan peserta pun diuji di event ini.

 

Lomba Cerdas Cermat Teknologi Informasi ini dilaksanakan pada pukul 11.15 WIB di ruang C STMIK A. Yani. Para peserta duduk berkelompok berdasarkan jurusannya masing-masing. Mereka duduk di lantai sehingga jika ada yang hendak berbuat curang maka akan terlihat oleh panitia maupun penonton. Bagi peserta yang curang secara otomatis didiskualifikasi. Setiap peserta dibekali alat tulis untuk menulis jawabannya. Untuk babak pertama, dilakukan seleksi terhadap setian jurusan per angkatan. Dari 8 mahasiswa perwakilan akan diambil hanya 3 mahasiswa. Dan 3 mahasiswa itulah yang membawa nama jurusan per angkatanya dan diadu dengan jurusan-jurusan lain.

Sesuai dengan dugaan semula, ternyata persaingan poin para peserta berlangsung ketat. Saling kejar-mengejar poin. Hal ini disebabkan karena mereka membawa nama jurusan mereka. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan nama jurusan mereka. Bisa dikatakan bahwa mereka adu gengsi dan tidak mau dipecundangi oleh mahasiswa dari jurusan lain. Tapi tentunya sepanas apapun persaingan mereka, sportifitas harus tetap dijunjung tinggi. Inilah bukti keprofesionalan mereka.

Akhirnya, sampailah pada sesi penentuan. Jurusan S1 TI 2009 melawan Jurusan D3 MI 2010. Kedua kelompok itu memperebutkan posisi juara pertama setelah tersingkirnya Jurusan S1 TI 2010. Juri membacakan 4 pertanyaan seputar Teknologi Informasi yang harus dijawab oleh peserta. Sesudah semua pertanyaan dibacakan, lalu dilakukan penghitungan jumlah poin. Hasil akhirnya adalah Jurusan S1 TI 2009 berhasil menjawab dengan benar 3 pertanyaan dan Jurusan D3 MI 2010 menjawab 2 pertanyaan dengan benar. Sehingga diputuskan bahwa S1 TI 2009 menang tipis atas D3 MI 2010. Berikut adalah nama-nama mahasiswa Juara I Lomba Cerdas Cermat Tenologi Informasi, yaitu :

  • Nurdin Isnanto
  • Harwinda Purnawan
  • Muhammad Abdul Azis

Rangkaian acara berikutnya dalam Dies Natalis Ke-15 STMIK A. Yani adalah Parade Band Kampus. Sampai jumpa di Lomba Cerdas Cermat Teknologi Informasi tahun depan! Salam

STMIK Jenderal Achmad Yani

  • Alamat :
    Ring Road Barat, Banyuraden, Gamping,
    Yogyakarta 55293
  • Telepon :
    (0274) 522.489 - Fax (0274) 552.851
  • Contact Person :
    0851.0186.1996